Obat Sakit Gigi Berlubang Alami yang Patut Dicoba

Sakit gigi, meski tidak termasuk ke dalam kelompok gangguan kesehatan yang serius, cukup ditakuti orang. Sulit memang menggambarkan apa yang dirasakan oleh penderita sakit gigi, sebab kondisi itu amat empiristik. Namun, yang pasti, sakit gigi bisa membuat seseorang belingsatan, apalagi kalau penyebabnya adalah gigi berlubang. Kalau sudah begini, penderita pasti bakal mencari seribu satu cara untuk menemukan obat sakit gigi berlubang tersebut.

Biasanya, langkah pertama yang ditempuh adalah mencari obat warungan. Maksudnya, mereka akan mencari obat penghilang nyeri, misal parasetamol, yang memang banyak tersedia di penjual-penjual eceran. Kalau tidak mempan, biasanya mereka akan mencari obat yang lebih “ampuh” di apotek.

Obat sakit gigi berlubang ini banyak sekali jenis, ragam, sediaan, hingga mereknya. Kita bisa memilih yang mana saja, yang menurut kita ampuh. Akan tetapi, namanya obat, pasti punya efek tertentu bagi tubuh. Terlebih bagi beberapa kelompok orang yang memang rentan terhadap obat. Tentu obat sakit gigi berlubang, betapa juga sakit yang mereka rasakan, tetap tak boleh dikonsumsi demi kesehatannya secara keseluruhan.

Namun, bukan berarti mereka hanya bisa menatap sambil berharap nyeri yang dirasakannya segera mereda. Ada upaya-upaya lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri akibat gigi berlubangnya. Salah satu upaya itu adalah memanfaatkan bahan-bahan alami yang bisa dijadikan obat sakit gigi berlubang.

Kalau kamu termasuk orang yang bingung, apa saja, sih, bahan-bahan alami yang bisa dijadikan sebagai obat sakit gigi berlubang, kamu sudah berada di jalan yang tepat. Langsung saja, berikut bahan-bahan alami tersebut:

  • Garam

Bahan yang hampir dapat dipastikan terdapat di dapur ini bisa dijadikan obat sakit gigi berlubang. Sebab, garam mengandung antiseptik dan antibakteri. Cara memanfaatkannya bisa dijadikan sebagai obat kumur untuk mengurangi peradangan serta nyeri, mengatasi infeksi, serta mencegah perkembangan bakteri di mulut.

  • Bawang putih

Bawang putih dapat berfungsi sebagai antibakteri dan sangat direkomendasikan sebagai obat alami juga tradisional untuk sakit gigi berlubang. Selain itu, bawang putih juga dapat mengurangi rasa nyeri yang muncul akibat gigi berlubang. Selain itu, perlu diketahui pula bahwa bawang putih pun bisa membuat gusi serta gigi menjadi lebih sehat.

  • Kunyit

Kunyit mengandung vitamin C yang bersifat antibakteri dan anti peradangan. Manfaat yang bisa seseorang peroleh ketika memanfaatkan bahan ini adalah terjaganya kesehatan gusi dan mencegah gigi berlubang karena infeksi bakteri. 

Namun, jangan serta merta kamu mengunyah kunyit. Cara paling baik memanfaatkan kunyit untuk obat sakit gigi berlubang yakni dengan mengubah kunyit menjadi bubuk, atau kalau tidak mau repot bisa mencari bubuk kunyit di toko. Biarkan selama beberapa menit, lalu berkumur dengan air hangat.

  • Akar manis

Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa akar manis memiliki manfaat untuk kesehatan gigi. Manfaat itu hadir berkat senyawa licoricidin dan licorisoflavan A. Bahan aktif itu merupakan antibakteri yang bisa menghambat pertumbuhan serta membunuh bakteri penyebab gigi berlubang.

Untuk memanfaatkan akar manis, seseorang cuma perlu bubuknya saja, sama seperti kunyit. Bubuk itu bisa digunakan sebagai semacam pasta gigi. Apabila mau, batang akar manis juga bisa digunakan langsung untuk menyikat gigi, persis seperti siwak.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang sekiranya bisa dijadikan obat sakit gigi berlubang alternatif. Tak ada salahnya memanfaatkan bahan-bahan di atas ketika tiba-tiba di antara para pembaca mengalami sakit gigi.

Cobalah berkumur dengan air garam terlebih dahulu, ketimbang langsung mengonsumsi obat warungan. Kalau nyeri yang dirasakan belum mereda juga, barulah cari obat sakit gigi berlubang yang lebih proper. Jika perlu, konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *