Tips Memilih Merk Susu Formula untuk Bayi Alergi Susu Sapi

Memilih merk susu formula untuk bayi alergi susu sapi memang susah-susah gampang. Di luar sana sebenarnya ada banyak pilihan yang bisa dibeli.

Mulai dari susu kedelai hingga susu almond. Namun memilih susu, bukan cuma memilih soal rasa. Sebagai orang tua harus jeli melihat kandungan nutrisinya.

Jika kamu adalah orang tua yang sedang mencari alternatif susu untuk si Kecil, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan memilih merk susu formula untuk bayi alergi susu sapi.

Merek susu formula untuk bayi yang alergi susu sapi antara lain Puramino, Neocate, dan Morinaga Chil Kid

Jenis susu formula yang tidak cocok untuk bayi alergi susu sapi

Ada beberapa jenis susu yang tidak dianjurkan untuk diberikan kepada bayi yang alergi dengan susu sapi. Di antaranya:

  • Susu murni atau susu formula yang berbahan dasar susu dari jenis mamalia lain
  • Produk susu yang menggunakan bahan dasar susu kambing
  • Susu A2
  • Produk susu standar untuk bayi biasa, termasuk yang berlabel anti-regurgitasi, bebas laktosa, organik, newborn, dan seterusnya.

Pilihan merk susu formula untuk bayi alergi susu sapi

Berikut beberapa aspek dan hal yang harus kamu pertimbangkan untuk memilih sebuah merk susu untuk bayi:

1. Pilih susu berbahan kedelai

Susu ini yang terbuat dari protein kedelai bisa jadi pilihan. Jenis ini juga biasanya direkomendasikan untuk untuk bayi yang tidak dapat mencerna laktosa.

Namun sebelum memberikannya ke bayi, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter. Sebab 8 hingga 14 persen bayi yang alergi terhadap protein dalam susu sapi masih berisiko mengalami reaksi alergi terhadap protein dalam susu kedelai.

Jika bayi memiliki alergi terhadap proctocolitis atau enterocolitis, maka mereka memiliki 25 hingga 60 persen risiko untuk alergi pada susu kedelai.

2. Susu terhidrolisis ekstensif

Extensively hydrolysed formulas (eHFs) maksudnya adalah susu yang menggunakan protein susu sapi (whey, kasein) lalu memecahnya jadi bagian yang lebih kecil.

Jenis susu formula ini menawarkan asupan nutrisi lengkap untuk bayi yang alergi susu sapi. Sekitar 90 persen bayi dengan alergi susu sapi bisa mentolerir susu formula jenis ini.

Merk susu formula untuk bayi alergi susu sapi dengan metode hidrolisis ekstensif di antaranya Enfamil, Nutramigen, Pregestimil, Similac, Alimentum, atau Expert Care.

3. Susu berbasis asam amino

Asam amino sendiri merupakan komponen dalam protein. Susu ini terbuat dari asam amino atau protein dalam struktur yang paling sederhana.

Jika bayi kamu tidak dapat mentolerir susu yang terhidrolisis ekstensif, maka opsi berikutnya adalah susu formula asam amino ini.

Merk susu formula untuk bayi alergi susu sapi yang berbasis asam amino di antaranya Neocate, EleCare, PurAmino, Alfamino.

Jangan membuatnya sendiri!

Jangan pernah mencoba membuat atau meracik susu formula sendiri dengan bahan sembarangan. Susu homemade sangat mungkin tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan si kecil.

Selain berisiko kekurangan nutrisi, bayi juga berisiko mengalami masalah kesehatan lain apabila mendapatkan asupan yang salah.

Jadi pastikan kamu membeli produk susu dengan kandungan nutrisi yang jelas dan sudah terstandarisasi dengan baik.

ASI adalah pilihan terbaik

Jika ibu masih bisa memberikan ASI maka menyusui adalah pilihan terbaik. ASI dapat memberikan jumlah asupan nutrisi yang dibutuhkan bayi secara cukup.

Badan Kesehatan Dunia atau WHO merekomendasikan untuk menyusui eksklusif minimal sampai anak berusia 6 bulan dan bisa diteruskan sampai usianya 2 tahun.

Itulah beberapa tips memilih merk susu formula untuk bayi alergi susu sapi yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *